Top Ad unit 728 × 90

Artikel Terbaru

recentposts

Trik Jitu Agar Bugenvil Variegata Rajin Berbunga



Agar Bugenvil Variegata Rajin Berbunga

Seringkali bugenvil variegate tumbuh demikian subur, daun-daunnya merimbun. Sayangnya, bunganya seperti enggan muncul. Kalau itu yang terjadi, ada rahasia untuk memaksanya agar berbunga. 

kebunbibit.id

Secara alami, semua bugenvil mempunyai jadwal menumbuhkan daun dan bunga, yang diseling dengan masa istirahat. Dari siklus inilah kita bisa menentukan cara merangsang pembungaannya.
Pada musim hujan, bugenvil biasanya tidak berbunga, tapi lebih banyak menumbuhkan daun. Setelah musim hujan berlalu, mulailah kuncup-kuncup bunganya “mengintip” keluar. Tak lama kemudian bunganya pun sudah bermekaran di setiap ujung cabangnya. Selesai berbunga, biasanya bugenvil memerlukan waktu istirahat selama kira-kira 2 bulan, baru kemudian berbunga lagi.
Namun bugenvil terkadang “lupa” berbunga. Bila ia hanya
rajin menumbuhkan daun-daunnya, ada beberapa langkah untuk merangsangnya agar berbunga.

Senang bermandikan cahaya matahari
Bugenvil sangat menyukai cahaya matahari. Karena itu, sebaiknya ia diletakkan di tempat terbuka. Kalau tidak, bisa-bisa ia enggan berbunga.

Ditanam di dalam wadah
Rahasia lainnya agar ia mau berbunga adalah dengan menanamnya di dalam wadah, bisa pot, bak, atau lainnya, agar pertumbuhan akarnya terbatas. Dengan media tumbuh yang terbatas itu, pemupukannya pun jadi lebih terkontrol.
Kalau ingin menanamnya di halaman, bugenvil dalam wadah tadi bisa langsung ditanamkan di dalam tanah beserta wadahnya.

Air siraman dikurangi
Agar ia terangsang untuk berbunga, sebaiknya penyiramannya agak direm. Tanaman bugenvil cukup disiram 2 hari sekali.


Pemupukan
Dalam keadaan biasa, tiap pot bugenvil variegata dipupuk dengan 1 sendok makan campuran NPK, setiap bulan. Kalau hendak merangsang bunganya, pupuknya perlu ditambah dengan 1 sendok the TSP untuk setiap wadah.
Dengan trik-trik tadi diharapkan bugenvil akan rajin memunculkan keelokan warna-warni bunganya. Hanya saja, jangan mengharapkannya berbunga lebat di musim hujan, karena itulah saatnya batang dan daun-daunnya tumbuh. (Maudy Ekowati)

Detail Lebih Lengkap bisa dilihat di kebunbibit.id
Trik Jitu Agar Bugenvil Variegata Rajin Berbunga Reviewed by Unknown on 09.17 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Perawatan Tanaman Hias © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.