Top Ad unit 728 × 90

Artikel Terbaru

recentposts

Keprok Garut Jeruk Paling Berkelas




kebunbibit.id

Di Garut terdapat bermacam-macam jeruk yang dapat dimakan langsung sebagai buah segar. Menurut Ir. Yudi Hermawan, PPS Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kabupaten DT II Garut, yang termasuk jeruk garut adalah keprok (Citrus nobilis chrysocarpa), konde (C. nobilis unshiu), licin (C. nobilis reticulate), siem (C. nobilis microcarpa) dan manis (C. aurantium). Yang bernilai komersial tinggi hanya keprok dan siem sehingga jeruk lainnya nyaris tak dikembangkan orang.

Keprok garut juga lazim disebut jeruk paseh atau keprok paseh, yang berarti jeruk yang sempurna dipandang dari segi bentuk, ukuran, penampilan, rasa, dan nilai ekonominya. Keprok lain seperti licin dan konde dianggap kurang bermutu, karena
berukuran lebih kecil, berkulit hijau, dan terlalu murah harganya.

Ciri khas
Keprok garut berbentuk agak bulat lonjong, dengan permukaan kulit yang agak kasar. Warnanya kuning agak kemerahan setelah masak, tapi tak merata. Di pangkal buah terdapat benjolan seperti bintang, atau tonjolan berupa putting. Kulitnya yang tebal tak begitu melekat pada daging buah, sehingga mudah sekali dikupas. Orang menyebutnya ngelotok. Septa-septa daging buah mudah sekali dilepas, dan daging buahnya lunak, lembut dan banyak mengandung air. Rasanya manis agak masam yang segar, dan beraroma khas, karena bijinya sedikit, jeruk itu nyaman sekali dinikmati sebagai buah segar.

Keprok garut yang baru ini mulai berbuah pertama kali setelah 3-3,5 tahun bibit ditanam di lapangan. Pembuahan pertama rata-rata dapat menghasilkan 30-40 kg/tahun/pohon. Selanjutnya dapat menghasilkan 40-60 kg/tahun/pohon. Masa produktif 5-6 tahun. Setelah berumur 8-9 tahun. Tanaman siap dibongkar untuk peremajaan. 

 Detail lebih lengkap dan pemesanan online bisa dilihat di kebunbibit.id
Keprok Garut Jeruk Paling Berkelas Reviewed by Unknown on 10.14 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Perawatan Tanaman Hias © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.