Top Ad unit 728 × 90

Artikel Terbaru

recentposts

Cara Menyetek Wijaya Kusuma



Saya ingin berbagi pengalaman dalam hal mensetek bunga wijaya kusuma atau disebut juga Epiphyllum. Akan saya jelaskan langkah-langkah penyetekannya secara detil.

kebunbibit.id

Menyetek Epiphyllum sebenarnya tidaklah sulit. Meski begitu, perlu diketahui langkah-langkah pelaksanaannya agar tidak terjadi kegagalan.” Yang umum terjadi adalah kegagalan yang disebabkan terjadinya pembusukan pada setek.

Perlu pisau tajam yang steril
Pertama kita pilih daun Epiphyllum yang akan dijadikan bahan setek. Tahap selanjutnya mempersiapkan alat yang dipergunakan. Untuk memotong gunakan pisau tajam yang  bersih. Pisau yang tajam diperlukan untuk mendapatkan hasil sayatan yang baik. Pisau itu juga mesti disterilkan dengan tissue yang diberi alkohol  95%.

Media yang digunakan berupa 2 bagian pasir, 1 bagian pupuk kandang, 1 bagian humus, 1 bagian akar pakis yang dihaluskan, sedikit Furadan, sedikit kapur dan arang. Penambahan akar pakis dimaksudkan untuk mendapatkan komposisi media yang
gembur.
Setelah media siap, dilakukan pemotongan daun sebesar 5 cm dari permukaan media. Bila permukaan potongan tidak rata, bisa dilakukan pemotongan ulang. Permukaan potongan bahan setek boleh lurus maupun miring. Yang perlu diingat, permukaan potongan harus mulus rata.

Langkah selanjutnya adalah mengoleskan hormon perangsang pertumbuhan akar di permukaan bekas potongan tadi. Setelah itu bahan setek diletakkan di tempat teduh selama 7-10 hari. Selain teduh, tempat tadi sebaiknya juga memiliki sirkulasi udara yang baik dan tidak lembap. Tujuannya agar bahan setek tidak layu karena terlalu banyak menguapkan air, dan tidak busuk karena terlalu lembap. Cukup yang berdiameter 10 cm.

untuk detail lebih lengkap silakan lihat di kebunbibit.id
Cara Menyetek Wijaya Kusuma Reviewed by Unknown on 09.40 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Perawatan Tanaman Hias © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.