Top Ad unit 728 × 90

Artikel Terbaru

recentposts

Cemara Norflok Gagah di Pasang Dalam Ruangan



Cemarah Norflok, selain bisa ditanam sebagai elemen taman, juga bisa dipajang sebagai tanaman hias dalam ruangan. Ia toleran terhadap naungan sedikit.
kebunbibit.id

Pada saat menghadiri pesta perkawinan salah seorang teman, Steve melihat indahnya cemara Norfolk Araucaria heterophylla, yang digunakan untuk dekorasi ruangan pesatnya. Cemara itu ada yang diletakkan di dekat tiang di tengah ruangan dan ada yang di depan sebelah kanan pintu masuk, seolah-olah menyambut kedatangan para tamu.
Menurut Jamaludin, pemilik kios Semarang Indah yang banyak menjual tanaman ini di depan kantor TVRI Senayan Jakarta, sekarang ini memang banyak penggemar tanaman hias yang membeli cemara ini untuk dijadikan tanaman hias ruangan. Bahkan akhir-akhir ini ia juga sering mendapat order mendemokrasi ruangan pameran atau pesta dengan cemara Norfolk sebagai salah satu komponen dekorasinya.
Cemara Norfolk memang bisa digunakan untuk tanaman hias ruangan. Hal ini dibenarkan oleh Suwadji, seorang penangkar cemara di Punten Batu, Malang. Apalagi kalau ruangannya luas. Cemara ini akan nampak berkesan gagah dan tegar, karena percabangannya yang tumbuh melingkar tegak lurus ke samping dari batangnya. Yang ideal jadi tanaman hias ruangan adalah yang tingginya 0,5-1,5 m.
Seperti cemara jenis lainnya, cemara Norfolk ini juga memerlukan banyak sinar matahari, namun ia agak toleran terhadap adanya naungan sedikit. Untuk itu di dalam ruangan, cemara ini sebaiknya di pajang di tempat yang terkena sinar matahari pagi selama sekitar dua jam. Atau kalau kita rajin, setiap pagi tanamannya kita keluarkan selama sekitar dua jam kemudian kita masukkan lagi, agar daunnya tetap terjaga keindahannya dan tidak sampai kering.
Dalam ruangan ber-AC, cemara ini tidak bisa terus-menerus ditahan dalam ruangan. Setelah satu minggu, tutur Suwadji, biasanya daunnya sudah mulai mengering. “Jadi paling lama setelah lima hari dalam ruangan, dia harus sudah dikeluarkan kembali untuk dirawat lagi,” tuturnya kepada Steve. Perawatannya antara lain, disemprot pupuk daun I sendok makan, dilarutkan dalam 10 liter air, sebulan sekali. Penggantian media tanam dilakukan setiap 1-2  tahun sekali, dengan menggunakan pupuk kandang, pasir, dan tanah, yang perbandingannya 1:2:1. Dengan perawatan sederhana seperti itu, cemara ini akan tetap cantik dipajang dalam ruangan. Tetapi kalau tinggi tanaman sudah lebih dari 1,5 m, sebaiknya ditanam saja di taman.
Cemara Norflok Gagah di Pasang Dalam Ruangan Reviewed by Unknown on 12.33 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Perawatan Tanaman Hias © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.