Top Ad unit 728 × 90

Artikel Terbaru

recentposts

Nephrolepis Yang Cantik Kalau di Gantung



kebunbibit.id
 
Nephrolepis adalah marga paku tanah yang terkenal cantik daunnya. Tahan ditanam sebagai tanaman hias pot untuk penghias teras maupun border plant dalam tanam.

Dua jenis Nephrolepis yang sangat populer di kalangan pecinta tanaman hias adalah N. Exaltata, yang di Jakarta dikenal sebagai pakis kelabang, dan N. Biserrata furcans atau pakis krul. Daya tarik kedua pakis itu terletak pada kelebatan daunnya yang tumbuh menjuntai dan warnanya yang cerah hijau kekuningan.
Penampilan keduanya memang hampir sama, sama-sama berdaun lebat dan menjuntai kalau subur. Bedanya, kalau pakis krul daunnya keriting bercabang, sedang pakis kelabang ada yang lurus saja dan ada yang keriting tapi tidak bercabang.
Sebagai tanaman hias pot, kedua jenis pakis itu paling indah kalau ditanam dalam pot gantung atau pot yang tinggi tempatnya. Dengan cara ini daunnya yang lebat bisa leluasa tumbuh menjuntai ke bawah, sehingga menyajikan pemandangan yang eksotis. Namun bukan berarti tanaman ini tidak cantik kalau ditanam dalam pot biasa. Banyak juga penggemarnya yang menanamnya dalam pot biasa dan meletakkannya di bawah sebagai penghias teras.
Sebagai elemen taman, kedua pakis itu banyak ditanam sebagai border plant. Atau ditanam dalam bak menggantung di bawah jendela. Selain itu pakis ini juga banyak ditanam pada tebing-tebing buatan atau di pinggir kolam hias, untuk memperkuat kesan alamiah. Bahkan, ditempel di pohonpun mau juga ia tumbuh subur.
Selain karena keindahannya, kepopuleran kedua jenis pakis itu juga ditunjang oleh kemudahannya dalam pemeliharaan dan perbanyakannya, yaitu dengan pembelahan rumpun. Menurut Abdul Kadir, pemilik kios tanaman hias Cinta Alam di depan TVRI Senayan, kedua jenis pakis itu sekarang sudah tidak mahal lagi harganya. Ia biasa menjualnya sekitar Rp 2.000,00 yang berukuran sedang dan Rp 5.000,00 bagi yang besar.

Agar tumbuh subur
Sebagai tanaman hias dalam ruangan, kedua pakis itu agak tahan terhadap lingkungan agak gelap, sehingga mau ditaruh agak jauh dari jendela yang menghadap utara-selatan. Namun keduanya akan tumbuh subur kalau ditaruh di tempat yang terkena sinar matahari pagi, seperti di teras atau dekat jendela yang menghadap ke timur. Dalam taman, ia bisa ditanam baik di tempat terbuka maupun yang ternaungi.
Media tanam yang cocok untuk tanaman ini adalah yang selalu lembap tetapi pengeringannya baik, sehingga tidak becek. Media tanamannya bisa dibuat dari campuran tanah kebun, pasir dan humus dengan perbandingan 1:1:2.
Sebaiknya pakis ini disiram dua kali, terutama pada musim kemarau dan yang tumbuh di tempat terbuka. Untuk menghasilkan daun yang subur, seminggu sekali tanaman disemprot dengan pupuk daun yang kandungan N-nya tinggi dengan kepaketan larutan separuh dari yang dianjurkan di label kemasannya.
Dengan begitu saja kita sudah akan disuguhi pemandangan daun pakis yang indah. Siapa ingin mencoba memeliharanya?
Nephrolepis Yang Cantik Kalau di Gantung Reviewed by Unknown on 12.57 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Perawatan Tanaman Hias © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.