Top Ad unit 728 × 90

Artikel Terbaru

recentposts

Lalat Putih Mengincar Jambu Biji




Hama yang mengganas di musim kemarau ini terutama mengincar jambu biji, menyebabkan daun berkerut, kering lalu rontok.

Antara bulan Agustus-Oktober tahun lalu, pemilik tanaman jambu biji di Jakarta – Bogor dan sekitarnya, dibuat resah oleh hama kecil-kecil selembut kutu, yang menyerang permukaan bawah daun. Mereka membentuk lapisan putih seperti kapas. Hama ini menyebar luas di seluruh kebun jambu biji Jabotabek, dalam tempo kurang dari 3 bulan.

Campur baur

Kalau daun yang terserang itu diamati lebih seksama kita akan menemukan campuran telur, nimfa (larva) dan imago (binatang dewasa) yang sudah bersayap, dengan panjang tubuh kurang lebih 2,5 mm. pada satu daun bisa ditemukan lebih dari 100 ekor campuran berbagai tingkatan itu. Imago yang bersayap itu berwarna putih, sehingga dikira “kutu” putih. Padahal ia sejenis lalat putih, Aleurocanthus woglumi dari familia Aleurodidae, ordo Homoptera. Nimfanya lebih mirip kutu putih Aphid, tapi lilin putihnya lebih sedikit.

Menusuk-mengisap

Hama ini mempunyai mulut penusuk-pengisap yang akan ditusuk-tusukkannya ke jaringan daun, untuk mengisap cairannya. Daun yang terserang akan berkerut lantaran kehilangan cairan, seterusnya akan menguning, kering lalu rontok. Serangan yang berat akan menyebabkan tanaman jambu tampak akan merana.

Nimfanya mengeluarkan embun madu yang merupakan substraat yang baik bagi cendawan jelaga pembentuk lapisan hitam pada permukaan daun. Tanaman akan semakin parah, kalau cendawan ini merajalela dan menghalangi cahaya matahari yang seharusnya diterima oleh daun, sehingga fotosintesa terhambat.

Penularan

Lalat putih yang bersayap bergerak aktif dari satu tanaman ke tanaman lain, dalam rangka mencari sumber makanan baru. Kalau tidak menyerang jambu biji, ia mau juga menyerbu jeruk, jambu mete, sirsak dan mawar.

Penularan juga dapat dilakukan oleh nimfa (secara pasif), yang berpindah ke tanaman lain karena terbawa angin atau percikan air hujan.

Pengendalian

Kalau hamanya tidak banyak, pengendalian dapat dilakukan secara mekanik dengan jalan mengerok permukaan daun yang terserang dengan sikat gigi (bekas). Tetapi kalau serangan sudah berat, mau tak mau harus disemprot insektisida. Antara lain Lannate L (2,5 cc/liter air). Elsan 60EC (2cc/liter air), Mikrab 50 WP (4g/liter air), Gusadrin 150 WSC (4cc/liter air) dan Kiltop 50 EC (2-3 cc/liter air). Pilih salah satu saja. Penyemprotan dilakukan setiap seminggu sekali sampai serangan dinilai reda.


untuk detail lebih lengkap dan pemesanan tanaman bisa dilihat di kebunbibit.id
Lalat Putih Mengincar Jambu Biji Reviewed by Unknown on 11.39 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Perawatan Tanaman Hias © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.