Top Ad unit 728 × 90

Artikel Terbaru

recentposts

Kenapa Daun Palem Menguning?


kebunbibit.id

 Menguningnya daun palem bisa disebabkan drainase tanahnya jelek atau akibat serangan hama. Bagaimana cara mengatasinya ?
Sudah beberapa kali kami menerima surat dan telepon dari pembaca yang ingin berkonsultasi tentang tanaman palem. Surat maupun telepon itu, umumnya berisi pertanyaan: Kenapa tanaman palem saya daunnya kok pada menguning ? Dan bagaimana cara mengatasinya ?
Ada beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan daun palem menguning. Yang umum, akibat dari drainase tanah yang jelek atau akibat serangan hama.

Drainase tanah jelek
Untuk tumbuh baik, palem menghendaki tanah atau media tanam yang berdrainase baik. Jika drainase tanahnya jelek, air sering mengenang di sekitar tanamannya,
akarnya tidak dapat berkembang baik. Akibatnya penyerapan unsur hara tidak bisa berjalan lancar, sehingga tidak mencukupi kebutuhan tanaman. Akibat selanjutnya tanaman palem akan tumbuh merana, yang antara lain ditunjukkan dengan menguningnya daun.
Selain itu palem yang ditanam pada tanah yang berdrainase buruk juga mudah diserang jamur, antara lain Phytophtora cinnamomii yang menyerang akar tanaman. Gejala yang ditimbulkan oleh serangan candawan ini ialah mula-mula tanamannya tampak pucat dan daunnya menguning. Jika serangan sudah parah, tanaman bisa layu dan mati mendadak.
Untuk mengatasi masalah tersebut di atas, yang pertama adalah memperbaiki drainase tanah di sekitar tanamannya, yaitu dengan pendangiran atau pembuatan saluran pembuangan kelebihan air. Jika tanahnya terlalu berat, selain dengan pendangiran, tambahkan pasir pada tanah di sekitar tanaman yang telah didangir.
Untuk mencegah serangan jamur, siramkan larutan fungisida, misalnya Dithane M 45, dengan konsentrasi satu sendok makan per 10 liter.

Hama
Menguningnya daun palem bisa juga disebabkan oleh serangan hama tungau merah (Tetranychus urticae). Daun yang diserang tungau ini mula-mula akan mengering pada bagian yang diserang, karena diisap cairannya. Jika serangannya terus berlanjut, seluruh daun itu akan menguning dan bisa gugur lebih cepat dari biasanya.
Hama lain yang bisa menyebabkan menguningnya daun palem adalah kutu perisai (Aspidiotus destructor). Kutu ini juga mengisap cairan daun tanaman. Di sekitar bagian yang diserang, biasanya pada permukaan bawah daun, mula-mula akan timbul bercak menguning. Namun jika kutu ini sudah merata, daun yang diserang akan menguning seluruhnya.
Mengatasi kedua jenis hama tersebut, sebaiknya dilakukan secara dini, yaitu pada waktu tahap serangannya masih ringan. Caranya bisa dengan membuang dan memusnahkan bagian yang diserang, dan khusus untuk tunggu bisa dengan menyemprotkan air ke bagian yang diserang. Untuk mencegahnya, pada waktu menyiram tanaman, sebaiknya tanamannya juga ikut disiram, tidak hanya tanahnya saja. Sebab tungau ini tidak suka terhadap keadaan yang lembap.
Jika serangannya sudah demikian parah, tanaman bisa disemprot dengan insektisida yang sistemik, misalnya Kelthane, Supracide, dengan konsentrasi 2 cc/liter.
Setelah itu untuk memulihkan kondisi tanaman yang habis diserang hama tersebut, sebaiknya dilakukan pemupukan.
Kenapa Daun Palem Menguning? Reviewed by Unknown on 12.43 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Perawatan Tanaman Hias © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.