Top Ad unit 728 × 90

Artikel Terbaru

recentposts

Tanaman Alstromeria - Bagian 1



ALSTROEMERIA
BUNGA POTONG BARU DARI BELANDA

kebunbibit.id

Ada tanaman bunga potong baru. Namanya Alstroemeria. Bunganya cantik dan bentukmya mirip anggrek. Kaya akan warna yang cemerlang, sangat menarik perhatian. Kehadirannya makin menambah semaraknya macam bunga potong di Indonesia.

Bunganya mempunyai 6 helai mahkota. Tiga yang diluar berukuran lebih panjang dan lebih lebar, sedang tiga yang di dalam lebih pendek dan jauh lebih langsing. Mahkota bunganya mempunyai variasi warna dasar yang cantik sekali. Selain itu mahkota bunga bagian dalam masih mempunyai tambahan warna lain. Ada yang putih, putih kekuningan, serta kuning, bahkan ada yang hanya berupa gradasi dari warna dasarnya. Ada yang lebih tua ada yang lebih muda. Keindahan mahkota dalam ini masih ditambah lagi dengan adanya garis-garis pendek berwarna hitam.
Tanaman yang aslinya berasal dari Brasil ini memang masih bersaudara dengan bunga amarilis, karena keduanya memang merupakan anggota dari famili Amarylli-daceae. Sosok tanamannya berupa herba yang bisa tumbuh tinggi dan lebat. Batangnya tak berkayu sehingga tampak lunak dan banyak mengandung air. Daunnya langsing memanjang seperti bentuk daun akasia.

Dari Negeri Belanda
Bunga potong ini pendatang baru dari Belanda. Iin Hasim, pengusaha bunga potong yang beralamatkan di Kompleks Perumahan PLN Senayan No. 18 Jakarta Pusat, yang pertama kali membawanya ke Indonesia. Ceritanya, kira-kira dua tahun yang lalu ia berkunjung ke pameran bunga di negeri Belanda. Semula rencananya adalah mencari jenis-jenis bunga anyelir baru. Namun sesampai di sana, ia malah jatuh hati pada alstroemeria tadi. Selain disebabkan oleh bunganya yang indah, di Indonesia memang juga belum ada. Di samping itu setelah ia membaca persyaratan tumbuh yang tertera di label tanaman tadi, ternyata kebunnya yang di Cibodas-Cianjur sesuai dengan yang dimaui tanaman ini. Maka makin bulatlah keinginannya untuk memboyong tanaman ini. Untuk pertama kali diboyonglah rhizome dari alstroemeria untuk tanah seluas 200 m2 dengan jarak 40x50 cm, yang merupakan persyaratan minimal kalau membeli bibit tanaman ini. Jenisnya ada empat, yaitu: Samora (yang berwarna salem), Jubilee (yang berwarna ungu), Canaria (yang berwarna kuning), dan King Cardinal (yang berwarna oranye).
Kemudian bibit itu ia tanam di kebunnya di Cibodas yang ketinggiannya kurang lebih 1.200 m dpl. Di tempat itu di bawah naungan atap plastic, suhu siang hari paling tinggi 30’C dan 18’C-20’C pada malam harinya. Hasilnya, ternyata alstroemeria bisa tumbuh dengan suburnya dan delapan bulan berikutnya bunganya mulai muncul. Dan sejak itu hampir setiap hari ia bisa memanen bunganya. “Tanaman ini sangat rajin berbunga,” tuturnya singkat. (Maudy Ekowati)


Cara menanam alstromeria bisa dilihat dipost selanjutnya
Tanaman Alstromeria - Bagian 1 Reviewed by Unknown on 13.54 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Perawatan Tanaman Hias © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.