Top Ad unit 728 × 90

Artikel Terbaru

recentposts

Taman di Halaman Sempit


kebunbibit.id

Keterbatasan tempat sering membingungkan pemilik yang ingin memanfaatkannya. Padahal dengan penataan tanaman yang sesuai, tempat itu bisa diubah menjadi taman yang cantik.

Halaman seluas kurang lebih 15 m2 di Pluit, Jakarta Utara itu terletak di antara bangunan rumah yang tinggi dan pagar besi pembatas rumah dengan jalan, sehingga mirip gang di depan teras rumah. Oleh pemiliknya, Johan Soewandhi, ‘gang sempit’ itu dijadikan taman. Beberapa jenis tanaman sengaja ditempatkan dan ditata disana, sehingga tercipta taman cantik yang menyemarakkan lingkungan sekitarnya.

Tanah dangkal Ditinggikan
Tidak mudah membuat taman pada halaman yang sempit itu. Selain ruangnya terbatas, tanahnya juga dangkal. Kedalaman tanah maksimal hanya     30 cm. Di bawahnya atau lebih dalam lagi sudah dijumpai bermacam-macam pipa, reservoir air, dan bak kontrol.
Kendala tersebut harus segera diatasi. Caranya, tanah sedikit diuruk sehingga ada jarak yang cukup dalam dengan pipa-pipa di bawahnya, dan ruang tanam bagi perakaran tanaman bertambah luas. Selanjutnya, sudut taman dibuat lebih tinggi dari bagian lainnya dan sengaja diatur agak berkelok untuk memberikan kesan luwes.
Dari arah pintu gerbang ditata batu lebar sebagai jalan setapak menuju sudut taman. Tidak ketinggalan rumput jepang dihampar untuk menutupi kegersangan.

Pemilihan Tanaman
Tanaman seperti palem jepang (Ptechospermea sp.), drasena kuning (Dracaena fragrans), sri rejeki (Aglaonema sp.), dan nenas merah, sengaja dipilih karena berbagai pertimbangan. Selain karena keterbatasan tempat dan factor bangunan yang tinggi, pemilihan tanaman juga mempertimbangkan segi perawatannya. Dengan model rumah bergaya modern dan pemilik yang kurang bisa merawat tanaman, tanaman-tanaman dipilih yang mudah perawatannya. Selain itu pemilik juga sengaja memilih tanaman yang berhubungan dengan unsure kepercayaannya, seperti pinang merah, nenas merah, kaktus, dan sri rejeki. 
Tanaman ditata berdasarkan gradasi warna dan ketinggian. Pada sudut taman tampak beberapa palem Jepang yang tumbuh menjulang mengimbangi tingginya bangunan. Dipilih palem Jepang tunggal supaya tampak ‘transparan’, tidak menghalangi pandangan. Palem ini dikombinasi dengan drasena kuning yang ditata menurut ketinggiannya. Di bawahnya ditanam sri rejeki yang lebih rendah, lalu lili paris (Chlorophytum bichetii) dan kodok-kodokan (Sanseviera sp.) ditanam sebagai penutup tanah.
Di bagian tepi taman yang berada di bawah jendela ditempatkan tanaman rendah, seperti nenas dan lili paris, supaya tidak menghalangi pandangan dari jendela. Dipilih nenas merah, selain ada unsure kepercayaan, juga warna daunnya yang bergaris merah dengan kombinasi kuning dan hijau tampak lebih menyemarakkan taman. Sudut yang berada dekat teras juga ditanam kaktus tanpa daun, yang ‘transparan’, agar tidak menghalangi pandangan dari arah teras.

Tanaman Pot Di Teras Atas
Untuk mengimbangi taman di halaman sempit itu, di teras atas rumah berlantai dua itu juga ditempatkan tanaman yang ditanam dalam pot. Peletakan tanaman pot di teras atas tampak mengimbangi ketegaran bangunan yang menjulang, dan membuat suasana menjadi lebih asri.
Drasena bercabang yang ditanam dalam pot ditempatkan di sudut teras. Sedangkan di sepanjang tepi teras ditata palem-palem dalam pot yang bersifat portable, artinya sewaktu-waktu tatanan dan tanamannya bisa diganti. Untuk itu pemilik sengaja memilih tiga jenis palem, yakni palem phoenix, palem udang, dan palem kuning. Masing-masing jenis palem bisa ditampilkan seminggu sekali, sehingga pemandangan menjadi lebih bervariasi.

Perawatannya
Agar taman tetap tampak asri perawatan tidak boleh diabaikan. Tidak seperti taman yang luas, taman mungil ini mudah sekali merawatnya. Karena memang sejak penanaman, telah dipilih tanaman yang seminimal mungkin perawatannya.
Di lingkungan yang cukup terik itu, kebutuhan tanaman akan air sangat besar. Oleh sebab itu penyiraman dilakukan setiap hari, pada pagi atau sore hari. Perawatan lain yang perlu adalah membuang daun yang sudah mulai mengering dan tampak jelek.
Taman di Halaman Sempit Reviewed by Unknown on 13.11 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Perawatan Tanaman Hias © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.