Top Ad unit 728 × 90

Artikel Terbaru

recentposts

Parfum Alami Atasi Lalat Buah

kebunbibit.id


Lalat buah? Hama musuh petani buah ini menyukai “parfum” daun wangi dan selasih. Akibatnya, terperangkap dan mati. Tanaman buah Anda pun aman. Waaa .. buah ini ada ulatnya !” Itulah nada kekecewaan kita ketika membelah buah mulus tapi berulat. Itu dia ulat lalat buah! Bagaimana masuknya? Ada ceritanya.
Kita pun berpikir dua kali untuk menyantap buah tadi. Geli dan jijik! Lagi pula lalat buah menjadi vektor bakteri coli. Itu tuh, bakteri yang bisa bikin kita diare.
‘Parfum’ pemikat

Lalat buah tergolong hama bandel. Pengendalian hama dengan pengasapan, pembungkusan buah, dan penggunaan pestisida, kurang memuaskan hasilnya. Ulat masih menyerbu buah.
Namun tak usah putus asa. Anda bisa mencoba resep pengendalian lalat buah dari Ir. Agus Kardinan, M.Sc., APU, peneliti dari Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), di Bogor, Jawa Barat.
Aneka tanaman digunakan untuk mengendalikan lalat buah. Prinsip kerjanya bukan membunuh lalat buah tetapi bersifat penarik (attractant) Perangkap dipasang miring bagi lalat buah jantan.
Kenapa tanaman itu disukai lalat jantan? Tak lain karena mengandung metil eugenol (C12H24O2). Lalat jantan suka makan zat itu untuk memikat lawan jenisnya. Lalat betina akan jatuh cinta pada lalat jantan ‘berparfum’ metil eugenol itu. Zat itu terdapat pada tanaman selasih, kayu putih maupun daun wangi. Fenomena alami inilah yang diadopsi oleh Agus untuk mengendalikan lalat buah.
Caranya? Ramuan tanaman atraktan itu ditaruh dalam alat perangkap berupa botol air mineral yang dimodifikasi sedemikian rupa. Aroma racikannya akan mengundang lalat buah jantan masuk perangkap. Lalat pun terperangkap. Cairan ramuan itu bikin sayapnya lengket, sehingga tidak bisa terbang kemudian mati.
“Parfum pemikat” dari ekstrak tumbuhan tadi jelas lebih aman. Gampang terurai sehingga tidak meninggalkan residu pada tanaman.

Daun wangi
“Daun wangi ini hanya istilah saya, karena tidak ada nama Indonesianya,” terang Agus, untuk menyebut Melaleuca bracteata. Karena daun tanaman itu mengeluarkan aroma wangi khas, saat diremas. Di Australia, tanaman ini digunakan dalam industri sampo, sabun, dan minyak wangi. Di Indonesia, sebagai pengendali hayati lalat buah. Menurut Agus, daun wangi punya efektifitas lebih tinggi dibandingkan dengan selasih.
Tanaman famili Myrtaceae ini berdaun kecil-kecil dan panjang. Pohonnya berkayu, hidup di dataran tinggi (600-1.500 m dpl). Di dataran rendah pun bisa tumbuh meski tidak sebagus tanaman dataran tinggi. Dalam bukunya Tanaman Pengendali La/at Buah (2003), Agus menyebut rendemen daunnya 1-2 %, kadar metil eugenol 70-80 %.
Untuk memperoleh bahan aktif, daun wangi mesti disuling. “Bagi hobiis bisa kok tanpa disuling,” terang peneliti yang akrab bergelut dengan pestisida nabati ini. Hanya memang, hasilnya tidak sekuat kalau disuling. Tetapi, bisa mengenyahkan lalat buah yang menyerang tanaman buah di halaman atau pot.
Caranya, 50 g daun wangi segar ditumbuk halus. Tambahkan 100 cc air (setengah gelas). Lebih bagus jika ditambah beberapa tetes alkohol. Setelah diaduk rata, siap dimasukkan ke dalam botol perangkap lalat.

Selasih
Tak ada daun wangi, selasih (Ocimum spp.) pun bisa. Tanaman perdu ini masih keluarga dekat kemangi. Biji selasih bahan minuman segar macam cocktail dan es buah. Selasih juga sebagai obat tradisional dan bahan kosmetik.
Famili Labiatae ini bisa tumbuh di dataran rendah sampai tinggi. Semak sekitar 1,5 m ini bunganya putih kebiruan. Ekstraksi bahan aktif metil eugenol dengan cara disuling. Rendemen minyak terdapat pada daun (0,18–0,56%), bunga (0,7%), dan ranting (0,01 %). Untuk pengendali lalat buah, gunakan daun dan bunganya.
Menurut Agus, penggunaan selasih sebagai atraktan untuk pengendalian lalat buah sudah diterapkan oleh petani di Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Petani menyulingnya dengan cara tradisional. Alat kukus nasi dilubangi untuk dimasuki selang kecil. Selang dialirkan ke kotak pendingin. Pada prinsipnya, selasih dikukus dan uapnya dialirkan melalui selang ke kotak pendingin. Uap itu terkondensasi menjadi cairan (minyak) yang siap digunakan.

untuk detail lebih lengkap dan pemesanan tanaman bisa dilihat di kebunbibit.id
Parfum Alami Atasi Lalat Buah Reviewed by Unknown on 11.31 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Perawatan Tanaman Hias © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.