Top Ad unit 728 × 90

Artikel Terbaru

recentposts

Cara Memupuk dengan NPK

Cara memupuk dengan NPK mirip dengan cara memupuk dengan urea, sebab keduanya bersifat higroskopis, serta cepat tersedia bagi tanaman.
kebunbibit.id


Sebelum diberikan pada tanaman, NPK boleh saja dicampur dengan urea, TSP atau KCI, misal karena salah satu dari pupuk tunggal itu masih perlu ditambahkan guna melengkapi dosis (lihat “Menghitung Pupuk NPK”). Tapi pencampuran itu harus direncanakan dengan tepat, sehingga bisa habis dipakai pada hari itu juga. Soalnya, NPK tidak baik kalau dipakai lagi sesudah disimpan dalam keadaan tercampur dengan pupuk lain. Mutu pupuk itu bisa turun, sehingga tidak sesuai kebutuhan tanaman.
NPK bisa diberikan dengan beberapa cara :
Disebarkan merata
NPK disebar merata pada tanah yang sudah selesai diolah, sehari sebelum tanam. Setelah itu lalu tanah diratakan agar
pupuk bisa tertutup. Bila itu tanah sawah maka pupuk harus dibenamkan dengan cara menginjak-injak.

Diberikan dalam alur
Pupuk diberikan dalam alur (galian seperti parit kecil) di samping barisan tanaman semusim, seperti jagung, gandum, sorgum dan kedelai. Setelah itu lalu ditutup dengan tanah. Alur pupuk dibuat sejauh 10-15 cm dari barisan tanaman, sedalam 5-7 cm.
Bila yang dipupuk berupa tanaman pohon seperti cengkeh, jeruk, apel dan pepaya, maka alur pupuk dibuat melingkar batang di bawah tajuk terluar, sedalam 7-10 cm.

Diberikan dalam lubang
NPK bisa pula diberikan dalam lubang yang dibuat dengan tugal, beberapa buah di seputar batang tanaman. Setelah pupuk dimasukkan, lubang juga harus ditutup kembali dengan tanah. Bila yang dipupuk berupa tanaman semusim, seperti cabe, terong, dan kedelai, lubang pupuk dibuat sejauh 10-15 cm dari batang tanaman, sedalam 5-7 cm. tapi kalau tanamannya berbatang besar, lubang harus dibuat di bawah tajuk terluar, sedalam 7-10 cm.


Detail lebih lengkap bisa dilihat di kebunbibit.id


Cara Memupuk dengan NPK Reviewed by Unknown on 10.02 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Perawatan Tanaman Hias © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.