Top Ad unit 728 × 90

Artikel Terbaru

recentposts

Penggerek Batang Pada Durian

kebunbibit.id


Sosok tubuh hama ini kecil saja. Tetapi bila menyerang, akibatnya tidak kecil. Sebab dapat mematikan pohon durian. Itulah larva penggerak batang.

Pohon durian yang semula tumbuh sehat, kemudian cabang-cabangnya patah dan keropos perlu dicurigai. Bila tidak terlambat, di patahannya dapat ditemui larva kecil berwarna putih. Itu adalah larva penggerek. Selain cabang, batang pun diserang olehnya. Hanya saja sosok penyerang batang ini lebih besar, hingga mampu membuat terowongan di bawah kulit batang. Bila sudah dewasa larva penggerek ini akan menjadi kumbang yang langsung dari keluarga .
Penggerek ini dapat dikenali dengan adanya lubang di permukaan batang, berupa terowongan panjang yang berlaku-liku. Semula penggerak ini hanya menggerogoti bagian luar batang, tapi kemudian masuk ke bagian tengah dan menyebabkan jaringan xylem terputus. Akibatnya pengangkutan unsur hara dari tanah ke pohon bagian atas juga terputus. Hingga daun akan menjadi layu, akhirnya rontok, bahkan seluruh tanaman kemudian mati.

Pencegahan
Cara mengatasinya sebagai berikut :
- Pada lubang gerakan atau lubang buatan baru sebanyak 5-8 buah dimasukkan kapas yang telah dicelupkan ke dalam larutan pestisida. Misalnya Azodrin, Cymbush, Diazinon, atau lainnya. Lubang kemudian ditutup dengan pasak kayu atau bambu.
- Cara lain, cabang yang telah diserang berat dipotong dan dibakar hingga larva kumbang dewasanya ikut terbakar. Kalau pada bagian sisa cabang yang masih tinggal pada pohon masih terdapat lubang diperlakukan dengan kapas seperti di atas.Namun, sebenarnya lebih baik melakukan pencegahan, dengan cara menjaga kebersihan kebun sehingga tidak ada tempat untuk bertelur dan bersembunyi bagi kumbang ini.

untuk detail lebih lengkap dan pemesanan tanaman bisa dilihat di kebunbibit.id
Penggerek Batang Pada Durian Reviewed by Unknown on 11.38 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Perawatan Tanaman Hias © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.